Kenali pasangan mu.. *1

Bismillahirrahmanirrohim.

Semakin dekat kita degan seseorang, semakin sulit bagi kita untuk mendengarkan sudut pandang mereka secara objektif tanpa bereaksi terhadap perasaan-perasaan negatif mereka. Mengenali kondisi pasangan sangatlah penting. Dengan mengenalinya, kita akan lebih mudah untuk menyikapinya. Karena suatuhal itu menyakitkan bukan tentang apa yang diucapkannya, melainkan bagaimana cara mengucapkannya.. ^_^

Taukah para suami, ketika istrinya marah?

Wanita, ketika marah; lebih senang ditemani, di perhatikan, dipeluk, karena wanita marah itu adalah untuk menarik perhatian orang yang dicintainya saja.

Kesalahan para pria adalah ketika pasangannya marah, mereka selalu menggunakan cara pikir mereka dan cara mereka menyelesaikan kemarahannya, yakni dengan pergi meninggalkan pasangan agar kemarahannya reda. Setelah pikiran mereka jernih dan siap untuk berdamai, baru mereka kembali. Namun itu tidak berlaku bagi wanita.

Peluk, perhatian, merasa dihargai, merasa disayangi, itu lebih penting, jika pun ketika marah wanita terkesan menolaknya.

Bagi wanita, ketika dia marah, lalu pasangannya memperhatian bahkan sampai memeluknya *lebih afdhal dengan ada kata2 manis.. itu lebih dari hadiah yang mahal sekalipun yang pernah diberikan suaminya..

Masih segar tentu tentang kisah Syaidina Umar yang duduk diam mendengarkan istrinya yang marah. Beliau tidak pergi menghindar. Karena beliau faham, bahwa seorang perempuan itu hanya butuh satu hal, yakni perhatian.

Dikisahkan ada seorang sahabat yang hendak melaporkan perangai buruk isterinya kepada Umar. Sesampai di pintu rumahnya, ia mendengar isteri Umar mengomeli Umar sang khalifah, sementara Umar hanya berdiam diri tanpa memberikan reaksi apa-apa. Di depan pintu rumah Umar itu, ia bergumam, “Kalau keadaan Amirul Mukminin saja begitu, bagaimana halnya dengan aku?” Ia pun beranjak pergi. Namun bersamaan dengan itu Umar keluar. Umar pun memanggilnya,  dan berkata “Ada keperluan penting?” Ia menjawab, “Ya Amirul Mukminin, kedatanganku ini sebenarnya hendak mengadukan perihal isteriku lantaran suka memarahiku. Tetapi begitu mendengar isterimu sendiri berbuat seperti itu, maka aku bermaksud kembali. Dalam hati aku berkata, kalau keadaan Amirul Mukminin saja begitu, bagaimana halnya dengan diriku.” Umar berkata, “Saudaraku, sesungguhnya aku rela menanggung perlakuan seperti itu dari isteriku karena adanya beberapa hak yang ada padanya. Ia selalu bertindak sebagai juru masak makananku. Ia selalu membuatkan roti untukku. Ia selalu mencuci pakaian-pakaianku. Ia menyusui anak-anakku. Padahal semua itu bukan kewajibannya. Aku cukup tenteram tidak melakukan perkara haram lantaran pelayanan isteriku, karena itu aku menerima sekalipun dimarahi.”

Di hadits lain di ceritakan bahwa Nabi SAW biasa memijit hidung ‘Aisyah jika ia marah dan beliau berkata, Wahai ‘Aisy, bacalah do’a: ‘Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan.” (HR. Ibnu Sunni)

Masya Allah begitulah Rasulullah dan sahabat telah memberikan mengenai pergaulan dalam rumah tangga.

Sehalnya di ungkap oleh jhon Gray tentang si venus*wanita yang menungkapkan keinginannya dengan bahasa yang terlalu hiperbolik*berlebihan, bahkan disuatu ketika mereka akan marah dengan tiba-tiba, kesal tiba-tiba, bahkan jika tidak ada hal yang salah sebenarnya, yaaahh begitulah wanita.. kemarahannya seolah ‘alat’ bagi dia untuk mengatakan.. “sayang, aku butuh engkau.. hari ku sangat buruk dan aku sedang tidak percaya diri”.

Hari buruk tidak hanya dialami oleh para suami yang bertengkar dengan bosnya atau ketika saham mereka turun di pasar saham.

Wanita yang tinggal dirumah pun bisa mengalami hari yang buruk, misal anak yang sedang rewel, rumah yang terlalu kotor dan hanya seorang diri membersihkan rumah seluas itu.. bahkan ketika dia sedang PMS (palam Merah Sebulan sekali..hehehe.. itu gejala berubahnya hormon sebelum masa haid datang yang biasanya juga mempengaruhi psiklogis wanita).

See, sekarang mulai ada titik terang kan kenapa Allah memilih laki2 dalam hal keputusan urgent dan kepemimpinan? Karena wanita itu beda dan istimewa.. mulai dari susunan biologis sampai reaksi psikologis!

Wajar aja  laki2 tergila2 dengan wanita dan tunduk dalam pesonanya! ^_^

Bahasa yang berbeda antara laki-laki dan perempuan bukan sebuah alasan untuk menghancurkan hubungan. Jusru disini saatnya bagi setiap individu untuk belajar lebih banyak tentang pasangannya..

Yuck lebih teliti lagi mengenali pasangan kita..^_^

Peluk Istri kita saat dia marah, rayu dengan lembut dan buat dia nyaman ketika kita ada, meskipun saat dia marah.. ^_^

Allahu”Alam bishawab.. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s